Thursday, February 28, 2013

Makalah UKM (Usaha Kecil Menengah)


i

Kata pengantar



        Segala puji bagi Allah yang telah melimpahkan karunia dan nikmat bagi umat-Nya. Alhamdulilaah Makalah ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya.
Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata pelajaran ips, karena terbatasnya ilmu yang dimiliki oleh penulis maka Makalah ini jauh dari sempurna untuk itu saran dan kritik yang membangun sangat penulis harapkan.
       Tidak lupa penulis sampaikan rasa terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah turut membantu dalam penyusunan Makalah ini. Semoga bantuan dan bimbingan yang telh diberikan kepada kami mendapat balasan yang setimpal dari Allah SWT. Amin
       Akhirnya penulis berharap semoga Makalah ini bermanfaat khususnya bagi penulis dan umumnya bagi pembaca.




                                                                              Purwakarta,24 Januari 2013













Daftar isi
Kata pengantar……………………………………………………………………….…………… i
BAB I
KUNJUNGAN UKM
Latar belakang ………………………………………………………………………..…..………1
BAB II 
Tujuan penelitian…………………………………………………….………………………..…2
Biografi Pemilik dan Jenis Usaha………………………………………….……………….2
BAB III
Pembahasan……………………………………………………………………………………..3/4
Pemasaran…………………………………………………………………………………………..5
BAB IV
Kesimpulan…………………………………………………………………………………………..6
Lampiran………………………………………………………………………………………….…7










1
Kujungan UKM
Keripik Bawang Pedas & Keripik Stick Keju

BAB 1
Latar Belakang

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mempunyai peranan yang strategis dalam pembangunan ekonomi nasional karena selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja, keberadaan UKM ditengah masyarakat juga memberikan andil terhadap pendistribusian hasil-hasil pembangunan. Sejak krisis ekonomi menimpa negara kita beberapa waktu belakangan ini, sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) justru terbukti lebih tangguh dalam menghadapi krisis tersebut dibandingkan dengan usaha-usaha lain yang lebih besar. Dari sini dapat disimpulkan bahwa pengembangan UKM kedepannya perlu mendapatkan perhatian yang besar baik dari pemerintah maupun masyarakat agar dapat berkembang lebih kompetitif bersama pelaku ekonomilainnya.

Pemerintah sebagai salah satu pihak yang memiliki kekuasaan untuk membuat suatu kebijakan diharapkan bisa mendukung penuh pertumbuhan UKM dengan meningkatkan perannya dalam memberdayakan UKM disamping mengembangkan kemitraan usaha yang saling menguntungkan antara pengusaha besar dengan pengusaha kecil. Selain itu, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia yang dimiliki menjadi salah satu pekerjaan rumah yang harus dilakukan agar kedepannya UKM-UKM yang ada bisa bersaing di era globalisasi. Karena UKM sering terlilit hambatan dalam perluasan jaringan usaha yang sangat terbatas dan kemampuan penetrasi pasar yang rendah, oleh karena itu produk yang dihasilkan jumlahnya sangat terbatas dan hal itu menyebabkan kesulitan menembus pasar nasional apalagi ke pasar internasional. Oleh karena itu, kami melakukan observasi di salah satu UKM guna mengetahui mekanisme kerja di dalamnya serta berpartisipasi secara  aktif ataupun pasif guna membantu mengembangkan UKM tersebut. Kami melakukan penelitian UKM Keripik Bawang pedas & Keripik sick Keju “JAYA” yang berada di Gg.Soka no 1 Rt 44/05 Kebon Kolot Purwakarta.
 Produktivitas adalah kemampuan untuk menghasilkan sesuatu.

2
BAB II
TUJUAN PENELITAN, BIOGRAFI PEMILIK DAN JENIS USAHA
A.Tujuan Penelitian
Dalam pelaksanaan observasi sampai penyusunan makalah mempunyai tujuan sebagai berikut :
·         Sebagai pelaksanaan tugas Sekolah Menengah Kejuruan Negeri mata pelajaran IPS yang diajar oleh Drs.Hengki Kurniawan.
·         Sebagai media pembelajaran mengenai UKM.
·         Mengetahui lebih dalam lagi UKM yang ada di sekitar daerah Purwakarta.
·         Sebagai pemahaman lebih jelas tentang UKM.


B.Biografi Pemilik Dan Jenis Usaha
Nama pemilik : Ibu Siti
Umur : 43 tahun
Jenis usaha : Keripik bawang pedas & keripik Stick Keju “JAYA”
Alamat : Gg.Soka no 1 Rt 44/05 Kebon kolot Purwakarta
Tahun berdiri : 2005








3
BAB III
Ø PEMBAHASAN
Keripik atau kripik adalah sejenis makanan ringan berupa irisan tipis yang digoreng di dalam minyak nabati. Untuk menghasilkan rasa yang gurih dan renyah biasanya dicampur dengan adonan tepung yang diberi bumbu rempah tertentu. Secara umum keripik dibuat melalui tahap penggorengan, tetapi ada pula dengan hanya melalui penjemuran, atau pengeringan. Keripik dapat berasa dominan asin, pedas, manis, asam, gurih, atau paduan dari kesemuanya.
Ngemil adalah makan makanan yang tidak memberikan efek kenyang bagi manusia yang biasanya dilakukan untuk mengisi waktu luang seperti nonton televisi, waktu menunggu bis, bahkan sampai sebelum atau disela-sela tidur.
Berdasarkan keterangan yang kami peroleh dari tempat produksi yang terletak di Gg.Soka ini dan ibu Siti sebagai pemilik usaha bahwa dalam membuatnya memerlukan :

Ø Keripik Bawang Pedas
Bahan – bahan :
·         Tepung terigu
·         Tepung sagu
·         Baking powder
·         Garam
·         Bawang merah dan bawang putih dihaluskan
·         Telur
·         Santan
·         Minyak goreng
·         Cabai bubuk
·          Merica bubuk
·          Aci

Cara membuat:
  1. Campur tepung terigu, tepung sagu, baking powder,merica, dan garam. Aduk rata.
  2. Tambahkan bawang merah,bawang putih, telur, santan. Aduk rata dan gumpalkan.
  3. Taburi aci pada gumpalan adonan, Giling tipis adonan di gilingan mi dari ketebalan no.7 hingga ketebalan no.1.
  4. Potong – potong jajaran genjang bergerigi.
  5. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai matang dan kering.
  6. Sajikan dengan bahan taburan.
7.      Lalu dipaking / dibungkus dan diberi label


4
Ø Keripik Stick Keju “JAYA”
Bahan bahan :       
·         Tepung terigu
·         keju cheddar parut
·         baking powder
·         garam
·         Minyak goreng
Namun komposisi dari ukuran dalam pembuatannya tidak di jelaskan secara gamblang karena menyangkut resep yang menjadi rahasia dagang yang harus dijaga kerahasiannya guna mempertahankan serta memajukan usaha yang digelutinya ini.

Cara Pengolahan :
  1. Aduk semua bahan sampai bergumpal.
  2. Giling tipis digilingan mi dengan ketebalan no. 4 (paling tebal no.7).
  3. Potong dengan pemotong mi atau pemotong molen yang lebar. Potong panjang .
  4. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai matang dan kering.
5.      Lalu dipaking / dibungkus dan diberi label.
Dalam pembuatannya ini ibu Siti memulai dengan usaha kecil kecilan dan hanya mencoba namun lama kelamaan dia mendapatkan banyak pesanan sehingga dia kewalahan untuk menegrjakan semuanya itu dan pada akhirnya dia meminta bantuan kepada para warga atau tetangga yang tidak bekerja agar bisa bekerja di usaha yang digelutinnya ini. Usaha ini sudah berjalan kurang lebih 8 tahun. Dari tahun 2005 sampe sekarang terus maju.
            Ada kurang lebih 15 karyawan di usaha ini dan mereka semua diambil oleh ibi Siti dari lingkungan rumah sekitarnya. Untuk pembagian gaji biasanya para karyawan ini digaji seminggu sekali.
Usaha ini di mulai dari pukul jam 5 pagi sampai jam 5 sore. Dulu pernah ada pembagian sip untuk para karyawan namun karena pembagian sip itu tidak berjalan dengan efektif sehingga sekarang tidak diadakan lagi pembagian sip untuk para karyawan.  Untuk membuat adonannya pada subuh dan memerlukan waktu kurang lebih 1 jam. Sedangkan untuk penggorengannya memerlukan waktu kurang lebih 15 menit. Dan untuk dikemas biasanya menunggu kripik keripik itu dingin. Untuk pembungkusannya sendiri harus dengan kencang karena apabila tidak kencang maka akan cepat untuk BS.

5
Ø PEMASARAN
Dalam pemasarannya Usaha Keripik Bawang Pedas & Keripik Stick Keju “JAYA” ini dipasarkan langsung kepada agen agen yang sudah bekerjasama dengan ibu Siti. Dari agen lalu dikirim ke beberapa tangan lalu dikirim ke pasar cikampek biasanya dari cikampek ada yang langsung dijual ke masyarakat dan ada pula yang dikirim langsung ke  Karawang.  Dalam satu hari produksi dapat menghasilkan 800 pic Keripik Bawang Pedas & Keripik Stick Keju dengan harga Rp.3.500,- per pic. Inilah Daftar harga :
·         Kepada agen Rp.3.500,-
·         Dari agen ke pasar Rp.4.000,-
·         Dari Pasar ke toko atau warung rumah Rp.4.500,-
·         Dari Warung ke masyarakat Rp.5.000,-
Selain itu Keripik bawang pedas & keripik stick keju inipun memasarkan dengan pemesanan dapat telepon di no (0264) 216451. Jika ingin memesan tidak usah bingung karena di dalam label merk keripik ini terdapat no teleponnya sehingga memudahkan untuk memesan. Awalnya usaha ini memasarkan donat dengan mempromosikan produk dan mengirim  ke beberapa agen namun sekarang agen yang mengambil langsung produk itu ke rumah ibu Siti.
Untuk penghasilan perhari kira kira Rp.2.000.000,- . Ibu Siti ini memulai usahanya dengan hanya modal Rp.200.000,-  meskipun hanya dengan modal sedikit namun yang paling penting adalah dia mempunyai modal usaha untuk membuat Keripik yang enak dan lezat sehingga usaha yang dimulai dengan modal sedikit itu pun dapat maju dan menghasilkan omset yang lumayan seperti sekarang ini.






6
BAB IV
KESIMPULAN
Berdasarkan pembahasan diatas bahwa jenis usaha yang digeluti oleh Ibu Siti ini mempunyai beberapa kendala yang menghambat dalam perkembangannya, yaitu :
o   Kendala musim hujan, karena pada saat musim hujan para karyawan terkadang tidak masuk kerja
o   Naiknya harga bahan pokok pembuatan Keripik
o   Persaingan dengan usaha makanan lain
Sehingga untuk mengantisipasi kerugian yang besar maka apabila musim hujan ibu Siti harus langsung turun tangan untuk membuat Keripik Bawang Pedas & Keripik Stick Keju nya seniri. Dan apabila bahan pokok untuk buat keripik itu naik maka Ibu Siti mengambil keputusan unuk membuat keripik seadanya. Sedangkan untuk persaingan sendirin ibu Siti lebih bersikap inovatif dan kreatif dalam membuat terobosan baru agar produk yang dia buat tidak kalah saing dengan produk luar terutama produk makanan dari usaha lain.

















7
Lampiran
                         
                                     
                     






8

                     

                     

                    










9

                     

                     

                  

1 comment:

  1. bagus gan makalahnya ini sya juga ada makalah tentang UMKM http://study-succes.blogspot.com/2013/11/makalah-umkm-peranan-pemerintah-dalam.html

    ReplyDelete